Senin, 26 Maret 2012

Manfaat Singkong

Hay Bloggers, saya mau bagi-bagi info tentang manfaat yang dikandung di dalam singkong nih. Singkong! Ya, makanan tradisional ini memang tidak jarang dijumpai. Siapa sih yang tidak tahu jenis umbi-umbian yang satu ini? Tanaman "rakyat" ini bisa dibilang menjadi makanan yang digemari oleh masyarakat di Indonesia. Bahkan daunnya bisa dijadikan sayuran yang lezat loh. hmmmm!!! Sebagai salah satu bahan makanan, umbi singkong ternyata hampir bisa dijumpai di pelosok negeri ini. Di beberapa daerah, singkong digunakan sebagai bahan maanan pengganti nasi. Nama singkong di setiap daerah juga beda-beda loh misalnya di Aceh, singkong = ubi kaye, berbeda di Pulau Jawa, kalau di Sunda namanya adalah Kasapean, kalau di Jawa tengah namanya Tela Pohong, beda lagi nih sama di Madura. Kalau di kota yang terkenenal dengan satenya ini, singkong memiliki nama yang unik, yaitu Tela Balada. Beda lagi kalau di Makasar, Singkong = Lame Kayu, dan di Papua namanya adalah Pangala. Dan masih banyak lagi. gak habis kalo di bacain dari 33 Provinsi.

Sebenarnya dari mana sih singkong itu berasalh. Nah, bagi yang belum tahu, simak asal-usul singkong berikut ini.
Singkong adalah pohon tahunan tropika dan subtropika dari keluarga Euphorbiaceae. Banyak yang mengakui, kalo singkong ini memiliki sumber energi yaitu karbohidrat yang tinggi, dan daunnya juga bisa dijadikan sayuran. Jenis singkong yang pertama kali dikenal di Amerika Selatan adalah jenis Manihot Esculenta setelah itu, jenis ini dikembangkan pada masa pra-sejarah di Brazil dan Paraguay. Walaupun spesies Manihot liar dan banyak, semua varitas ini masih bisa loh untuk dibudidayakan. Singkong ditanam secara komersial di wilayah Indonesia sendiri sekitar tahun 1810 pada saat Hindia Belanda.Produksi singkong meningkat pesat bisa sampai 184 juta ton pada tahun 2002. Sebagian besar produksinya dihasilkan di Afrika 99.1 juta ton dan 33.2 juta ton di Amerika Latin dan Kepulauan Karibia. 

Kandungan Karbohidrat Singkong
Jangan pernah menyepelekan kandungan yang bada di dalam tanaman "rakyat" ini. Setelah kalian membaca informasi ini, kalian pati akan heran dan gak akan menyepelekan apa yang terkandung di dalam singkong lagi. Seperti yang kalian ketahui, singkong itu merupakan makanan pengganti nasi yang memiliki karbohidrat yang besar loh. Manfaat karbohidrat itu sendiri bagi tubuh manusia yaitu sebagai sumber energi. Karbohidrat berperan sebagai bahan bakar utama dalam proses metabolisme tubuh. Energi tadi, akhirnya dipakai oleh manusia sebagai konsumen untuk melakukan segala bentuk aktifitas. Ternyata 1 gram karbohidrat saja, meiliki kandungan sebesar 4 kalori. Bukan cuma itu aja, karbohidrat juga punya peran penting buat ngejaga cadangan makanan kita. Cadangan itu bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk sumber makanannya. Contoh, Singkong nyimpen cadangan makanan dalam bentuk umbi-umbian. Nah, cadangan singkong tersebut bisa digunakan oleh manusia sebagai kebutuhan energi.

Kuliner dari Singkong
SIngkong memang termasuk ke dalam salah satu jenis tumbuhan yang tidak "manja" alias bisa tumbuh dimana-mana. Singkong yang berasal dari Amerika Tropis ini, bisa ditanam di pekarangan, sawah, ataupun tanggul. Oleh karena itu, hampir di setiap wilayah di Indonesia ditumbuhi sama tumbuhan yang satu ini. Karena mudah mengembangkan singkong, di tangan seorang yang kreatif, singkong bisa "disulap" menjadi makanan kuliner yang lezat. Kalau bloggers biasanya makan singkong goreng atau singkong rebus, sekarang saya akan ngasih tau beberapa alternatif kuliner dari singkong.Check this out!
1. Keripik Singkong
Siapa sih yang engga kenal sama kuliner yang satu ini. Keripik singkong cemilan yang paling diminati di dalam maupun di luar negeri. Aneka macam keripik singkong dengan berbagai varian rasa dan ciri khas. Salah satunya yaitu keripik yang fenomenal yaitu Maicih. Ya, keripik yang memiliki rasa pedas berdasarkan level ini sudah tak asing lagi bagi para penikmat keripik pedas ini. Keripik ini memiliki 3 level, yaitu level 3. Level 3 dapat dinikmati bagi para bloggers yang tidak terlalu menyukai pedas, namun ingin menyicipi kenikmatan keripik ala Maicih

Yang kedua yaitu level 5, level 5 agak sedikit pedas. Bagi para bloggers yang menyukai pedas namun dengan rasa pedas yang bisa berkompromi dengan perut bloggers sekalian, bisa menyicipi produk anak bangsa yang satu ini. Voila, ini dia!!! Maicih level 5

Dan jengjengjeng *efeksinetron* ini dia Maicih Level 10. Bisa dibilang ini rajanya Keripik pedasnya Maicih. Dengan rasa pedas yang minta ampun, tapi bikin ketagihan, dan harus minum air bergalon-galon *lebay hahaa. Efek pedasnya berasa setelah keesokan harinya. Mulai dari bolak-balik kamar mandi, perut melilit, perut terasa panas. Tapi itu semua hanya sementara kok, tenang aja ^.^ Ini dia jagoannya!!!

2. Kuliner singkong nerikutnya yaitu Klepon
Cemilan ini termasuk ke dalam jajanan pasar yang terbuat dari tepung beras ketn dan gak lupa ditambahkan dengan singkong. Makanan dengan khas berbentuk bulat berwarna hijau dengan taburan kelapa di semua sisinya ini memang palik nikmat. Saat menggigit terdapat gula merah didalamnya yang memberi kesan Mamamia Lezatos

3. Makanan selanjutnya adalah getuk. Getuk yang dalam bahasa jawanya adalah makanan ringan yang dibuat dengan ketela dan singkong sebagai bahan utamanya. Getuk ini, gampang dijumpai di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Tetapi sekarang di Jakarta pun getuk bukan menjadi barnag lagi 

Sekian penjelasan singkat dari saya tentang pentingnya mengenal kandungan singkong, asal usul singkong, sampai jajanan pasar yang dibuat dari singkong. semoga bermanfaat.

Sumber: Majalah Icihers Vol.3

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 Muhajir Ibnu Sabil. All rights reserved.