Minggu, 25 Maret 2012

Tugas 2 pengantar web sciense #softskill

Assalmualaikum Wr.wb. Hay bloggers, pada kesempatan kali ini saya akan melanjutkan tuntuan saya sebagai seorang Mahasiswa. Setelah sebelumnya saya ulas tentang social network, kebetulan yang saya ambil adalah Twitter, dimana pada pembahasan sebelumnya saya telah menjelaskan sedikit tentang Twitter itu sendiri. Dari sejarah Twitter, termasuk penemu social network yang sedang booming itu, lalu saya menjelaskan tentang konsep Twitter, yang mana konsep basicnya itu adalah "SMS-nya INTERNET" sampai teknologi yang digunakan. Nah! sekarang, saya akan melanjutkan masih berhubungan juga dengan Twitter. Saya akan menjelaskan tentang:
1. Apa sih kelebihan dan kekurangan Twitter itu?
2. Lalu bagaimana keamanan Twitter itu sendiri, dan
3. Pengembangan dan pemanfaatan di masa yang akan datang itu seperti apa sih?
Berikut penjelasannya, check this out!


Kekurangan dan Kelebihan Twitter
Umumnya semua social media itu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Nah, twitter ini juga memiliki beberapa kekurangan dan kekurangan. Kekurangan Twitter itu apa aja sih?
Kekurangan Twitter itu:


1. Saat kita ingin me-Tweet, space per karakternya sedikit. Hanya bisa menampung 140 Karakter. Jadi, kalo bloggers sekalian mau curhat, mau cerita, mau berbagi info yang lumayan 'makan' karakter yang banyak, saya rasa tidak akan muat jika hanya140 karakter saja.


2. Lebih menekan pada penghitungan followers. Maksudnya adalah, jika bloggers sekalian followers-nya sudah mencapai angka maksimal, itu tandanya followers selanjutnya tidak masuk ke dalam followers list bloggers sekalian. 


3. Mudah disalahgunakan untuk spam dan meningkatkan tingkat kebisingan. Spam disini artinya 'Sampah'. Sekarang para penghuni Facebook sudah banyak yang berhijrah ke Twitter. Kebiasaan selalu meng-Update Status yang TIDAK PENTING!! Alhasil, Timeline Twitter pun banyak teridentifikasi SPAM tersebut. 


Sedangkan kelebihannya adalah:


1. Mudah dinavigasi dan memperbarui, “link to” dan mempromosikan apapun. Pengguna Twitter bukan hanya perorangan saja, bahkan ada juga perusahaan yang menggunakan Twitter untuk mempromosikan barang jualannya, salah satunya yang paling fenomenal sampai saat ini adalah @infomaicih. Link to disini berfungsi untuk mengubungkan satu Twett-an ke situs lainnya. Sebagai contoh, Komunitas Blackberry yang Twett-an-nya selalu menghubungkan ke situs lainnya. 
Berdasarkan gambar diatas, saat linknya kita klik, maka link tersebut akan menyambungkan ke situs yang dituju. Maka akan seperti ini hasilnya:




Sudah jelas terlihat, bahwa link tersebut telah mengubungkan ke dalam situs kombb (komunitas Blackberry).


2. Menjangkau lebih luas tidak hanya antara teman. Maksudnya adalah Tweeps tidak hanya bisa Mention dengan teman saja, melainkan juga bisa dengan dosen misalnya agar lebih akrab.


3.Satu feed untuk semua pengguna dan siapa pun dapat mengikuti orang lain kecuali diblokir. Bagi para pengguna Twitter, saat salah satu teman kita memasang tweet, atau bahasa kerennya Update Status, kita bisa me Retweetnya. Jika diibaratkan, Retweet itu sama seperti LIKE pada Facebook. Jika pada Facebook pada Facebookers meng-Update Status, lalu kita like. Sama halnya dengan Twitter, hanya di Twitter namanya Retweet | RT. 


Bloggers, sebenarnya masih banyak kelebihan dan kekurangan pada Twitter. Saya hanya mengulasnya secara singkat.


Bagaimana dengan Keamanan Twitter?

Menanggapi pelanggaran keamanan Twitter, Federal Trade Commission membawa tuduhan terhadap layanan yang telah diselesaikan pada tanggal 24 Juni 2010. Ini adalah pertama kalinya FTC telah mengambil tindakan melawan jaringan sosial untuk penyimpangan keamanan. Penyelesaiannya Twitter memerlukan sejumlah langkah untuk mengamankan informasi pribadi sehingga "program keamanan informasi yang komprehensif" untuk secara independen diaudit dua kali setahun.
Pada tanggal 21 September 2010, Sebuah cacing komputer (worm) XSS aktif di Twitter. Ketika sebuah akun pengguna mengirim kicauan, cacing komputer dalam skrip secara otomatis akan membuka tautan dan mengirim-tampil dengan sendirinya. Yang lebih parah kemudian digunakan untuk mengirim sembulan iklan (pop-up ad) dan tautan ke situs porno.

Pemanfaatan & Pengembangan Twitter di Masa Depan
Di jaman yang serba teknologi seperti sekarang ini, pemanfaatan dan pengembangan sebuah jejaring sosial ataupun hal yang lainnya pasti akan berkembang secara pesat. Khusus untuk jejaring sosial Twitter ini, sungguh banyak pemanfaatannya, antara lain jika ingin menyebarkan sebuah informasi kepada teman ataupun khalayak banyak kita tinggal “tweet” saja informasi yang ingin kita bagikan lewat twitter. Selain untuk memberikan informasi, twitter juga bisa digunakan sebagai media promosi suatu produk barang atau jasa secara online, sehingga para wiraswasta tidak perlu susah-sah lagi mempromosikan produknya face-to-face dengan orang lain, tetapi tinggal mempromosikannya lewat media jejaring sosial ini.
Sungguh sangat bermanfaat sekali jejaring sosial dan kemajuan teknologi yang telah ada sekarang ini. Oleh karena itu kita sebagai kaum muda harus bisa memanfaatkan dan mengembangkan teknologi yang sudah ada ini untuk masa depan kita serta bangsa kita, namun harus dalam kode etik yang benar :D Sekiannn

              Wikipedia
              Mateus Eko Prasetyo's Blog



0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 Muhajir Ibnu Sabil. All rights reserved.