Hay Bloggers, pada kali ini saya akan mereview sedikit tentang
game engine. Game engine yang saya pakai sebagai contoh adalah JMonkey. Apa sih
Game Engine itu? Game engine merupakan sebiah system yang dirancang untuk
membuat video game. Mesin game terkemuka menyediakan kerangka kerja perangkat lunak yang
digunakan untuk pengembang membuat game untuk konsol permainan video dan komputer pribadi . Fungsionalitas
inti biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render("renderer") untuk 2D atau 3D grafis. jMonkeyEngine (JME)
adalah mesin permainan modern
yang dibuat khusus untuk 3D pengembangan, karena menggunakan shader teknologi ekstensif. jMonkeyEngine ditulis murni di Jawa dan
menggunakan LWJGL sebagai
default renderer. OpenGL 2 sampai 4 OpenGL didukung penuh.
jMonkeyEngine
adalah sebuah komunitas-sentris open source proyek
yang dirilis di bawah baru lisensi BSD . Hal ini
digunakan oleh beberapa studio permainan komersial dan lembaga pendidikan.
- jMonkeyEngine 0,1-2,0
Versi 0,1 sampai 2,0 dari jMonkeyEngine menandai waktu dari
ketika proyek ini pertama kali didirikan pada tahun 2003, sampai versi 2.0 yang
terakhir dirilis pada tahun 2008. Ketika pengembang inti pada saat itu
secara bertahap dihentikan bekerja pada proyek sepanjang akhir tahun 2007 dan
awal tahun 2008, versi 2.0 belum dibuat resmi stabil . Apapun,
basis kode menjadi diadopsi untuk penggunaan komersial dan masyarakat secara
aktif mendukung versi 2.0 lebih dari yang lain.
Pekerjaan awal pada jMonkeyEngine dimulai oleh Mark Powell
(alias MojoMonkey) sebagai proyek sampingan untuk melihat apakah grafis fitur
lengkap API dapat ditulis di Jawa. Sebagian besar pekerjaan awal pada API
terinspirasi oleh David Eberly C + + buku Game 3D Desain Mesin.
- Januari 2004
Mark bergabung dengan Joshua Slack (alias Renanse) dan
bersama-sama selama dua tahun berikutnya, dengan bantuan dari kontributor
masyarakat lainnya, API komersial dikembangkan.
- 15 Agustus 2008
Joshua Slack mengumumkan untuk mundur dari pengembangan
aktif dari jMonkeyEngine.
- jMonkeyEngine 3.0
Sejak kepergian pengembang inti JME pada akhir 2008 basis
kode tetap praktis stagnan selama beberapa bulan. Masyarakat terus
melakukan patch, namun proyek ini tidak bergerak dalam arah yang jelas. Versi
3.0 dimulai sebagai tidak lebih dari sebuah eksperimen. Rilis preview
pertama dari jME3 pada awal 2009 menciptakan banyak buzz di
masyarakat, dan mayoritas setuju bahwa cabang baru akan menjadi penerus resmi
untuk Jme 2.0. Dari sana pada semua formalitas yang diurutkan keluar
antara pengembang inti sebelumnya dan baru. Para tim inti JME kini terdiri dari delapan
orang yang berkomitmen.
- 24 Juni 2009
Proyek ini melihat sebuah awal baru di cabang 3,0 resmi
jMonkeyEngine, awalnya dirancang dan dikembangkan sendiri oleh Vainer Kirill. Tanggung
jawab manajemen yang dijemput oleh Erlend Sogge Heggen, tak lama kemudian
disertai dengan Buku Skye.
- 17 Mei 2010
Alpha pertama jMonkeyEngine 3 dilepaskan. Tanggal
yang sama menandai rilis Alpha pertama dari SDK jMonkeyEngine, hanya beberapa
bulan setelah tahap perencanaan pertama. The "jMonkeyEngine SDK"
sejak itu menjadi download produk standar direkomendasikan untuk semua jME3
pengembang.
- September 7, 2010
Situs jMonkeyEngine benar-benar dirancang ulang. Sebuah
domain baru, jmonkeyengine.org, didedikasikan untuk semua kegiatan proyek dan
masyarakat. The jmonkeyengine.com lama kembali bertujuan sebagai situs
promosi produk.
- 22 Oktober 2011
jMonkeyEngine 3 SDK Beta dilepaskan. Track pembaruan Stabil diperkenalkan sebagai
alternatif untuk men-download membangun tepi pendarahan malam.
0 komentar:
Posting Komentar