Selasa, 25 September 2012

Game Engine JMonkey


Hay Bloggers, pada kali ini saya akan mereview sedikit tentang game engine. Game engine yang saya pakai sebagai contoh adalah JMonkey. Apa sih Game Engine itu? Game engine merupakan sebiah system yang dirancang untuk membuat video game. Mesin game terkemuka menyediakan kerangka kerja perangkat lunak yang digunakan untuk pengembang membuat game untuk konsol permainan video dan komputer pribadi . Fungsionalitas inti biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render("renderer") untuk 2D atau 3D grafis. jMonkeyEngine (JME) adalah mesin permainan modern yang dibuat khusus untuk 3D pengembangan, karena menggunakan shader teknologi ekstensif. jMonkeyEngine ditulis murni di Jawa dan menggunakan LWJGL sebagai default renderer. OpenGL 2 sampai 4 OpenGL didukung penuh.
jMonkeyEngine adalah sebuah komunitas-sentris open source proyek yang dirilis di bawah baru lisensi BSD . Hal ini digunakan oleh beberapa studio permainan komersial  dan lembaga pendidikan.


  • jMonkeyEngine 0,1-2,0

Versi 0,1 sampai 2,0 dari jMonkeyEngine menandai waktu dari ketika proyek ini pertama kali didirikan pada tahun 2003, sampai versi 2.0 yang terakhir dirilis pada tahun 2008. Ketika pengembang inti pada saat itu secara bertahap dihentikan bekerja pada proyek sepanjang akhir tahun 2007 dan awal tahun 2008, versi 2.0 belum dibuat resmi stabil . Apapun, basis kode menjadi diadopsi untuk penggunaan komersial dan masyarakat secara aktif mendukung versi 2.0 lebih dari yang lain.
Pekerjaan awal pada jMonkeyEngine dimulai oleh Mark Powell (alias MojoMonkey) sebagai proyek sampingan untuk melihat apakah grafis fitur lengkap API dapat ditulis di Jawa. Sebagian besar pekerjaan awal pada API terinspirasi oleh David Eberly C + + buku Game 3D Desain Mesin.
  • Januari 2004

Mark bergabung dengan Joshua Slack (alias Renanse) dan bersama-sama selama dua tahun berikutnya, dengan bantuan dari kontributor masyarakat lainnya, API komersial dikembangkan.
  • 15 Agustus 2008

Joshua Slack mengumumkan untuk mundur dari pengembangan aktif dari jMonkeyEngine. 
  • jMonkeyEngine 3.0

Sejak kepergian pengembang inti JME pada akhir 2008 basis kode tetap praktis stagnan selama beberapa bulan. Masyarakat terus melakukan patch, namun proyek ini tidak bergerak dalam arah yang jelas. Versi 3.0 dimulai sebagai tidak lebih dari sebuah eksperimen. Rilis preview pertama dari jME3 pada awal 2009 menciptakan banyak buzz  di masyarakat, dan mayoritas setuju bahwa cabang baru akan menjadi penerus resmi untuk Jme 2.0. Dari sana pada semua formalitas yang diurutkan keluar antara pengembang inti sebelumnya dan baru. Para tim inti JME kini terdiri dari delapan orang yang berkomitmen.
  • 24 Juni 2009

Proyek ini melihat sebuah awal baru di cabang 3,0 resmi jMonkeyEngine, awalnya dirancang dan dikembangkan sendiri oleh Vainer Kirill. Tanggung jawab manajemen yang dijemput oleh Erlend Sogge Heggen, tak lama kemudian disertai dengan Buku Skye. 
  • 17 Mei 2010

Alpha pertama jMonkeyEngine 3 dilepaskan.  Tanggal yang sama menandai rilis Alpha pertama dari SDK jMonkeyEngine, hanya beberapa bulan setelah tahap perencanaan pertama. The "jMonkeyEngine SDK" sejak itu menjadi download produk standar direkomendasikan untuk semua jME3 pengembang.
  • September 7, 2010

Situs jMonkeyEngine benar-benar dirancang ulang. Sebuah domain baru, jmonkeyengine.org, didedikasikan untuk semua kegiatan proyek dan masyarakat. The jmonkeyengine.com lama kembali bertujuan sebagai situs promosi produk. 
  • 22 Oktober 2011

jMonkeyEngine 3 SDK Beta dilepaskan. Track pembaruan Stabil diperkenalkan sebagai alternatif untuk men-download membangun tepi pendarahan malam.

Referensi klik disini

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 Muhajir Ibnu Sabil. All rights reserved.