Hay Bloggers, pada kesempatan kali ini saya akan meriew
sedikit tentang software grafik open source. Maklum, namanya juga mahasiswa,
masih pake open source. Kalo udah kerja, baru insya allah make yang berbayar
amiiin. Software yang saya ambil sebagai contoh adalah blender. Bukan blender
untuk membuat jus, atau alat elektronik yang anda pikirkan ya :D. Hal pertama
yang akan saya kaji adalah Sejarah dari si Blender ini.
- Sejarah
Blender
dikembangkan sebagai aplikasi in-house oleh studio animasi Belanda NeoGeo dan
Bukan Teknologi Nomor (NaN). Hal
ini terutama ditulis oleh Ton Roosendaal. Roosendaal NaN
didirikan pada bulan Juni 1998 untuk lebih mengembangkan dan mendistribusikan
program. Program ini awalnya didistribusikan sebagai shareware sampai NaN bangkrut
pada tahun 2002. Para kreditur setuju untuk melepaskan Blender
dibawah ketentuan dari GNU General
Public License , untuk pembayaran satu kali sebesar € 100.000 (US
$ 100.670 pada saat itu). Pada tanggal 18 Juli
2002, kampanye pendanaan Blender dimulai oleh Roosendaal dalam rangka untuk
mengumpulkan sumbangan dan pada tanggal 7 September 2002 diumumkan bahwa dana
yang cukup telah dikumpulkan dan bahwa Blendersource code akan dirilis. Hari
ini, Blender adalah bebas ,
perangkat lunak open source dan, terlepas dari dua setengah-waktu karyawan dan
dua karyawan penuh-waktu dari Institut Blender, dikembangkan oleh masyarakat.
Pada bulan Januari / Februari 2002 itu cukup jelas
bahwa NaN tidak bisa bertahan dan akan menutup pintu pada bulan Maret. Namun demikian, mereka menemukan energi untuk melakukan
setidaknya satu rilis lagi: 2,25. Sebagai semacam-of easter egg , tag
pribadi terakhir, para seniman dan pengembang memutuskan untuk menambahkan model 3D dari
simpanse. Buku itu diciptakan oleh Willem-Paul van
Overbruggen (SLiD3), yang menamainya Suzanne setelah
orangutan di Kevin Smith Film Jay dan Silent Bob Kembali Mogok .
Suzanne
adalah alternatif Blender untuk lebih umum model uji seperti teko Utah dan Stanford Kelinci . Sebuah model
low-poligon dengan hanya 500 wajah, Suzanne sering digunakan sebagai cara cepat
dan mudah untuk menguji materi, animasi, rig, tekstur, dan setup pencahayaan,
dan juga sering digunakan dalam gambar lelucon. Suzanne masih termasuk
dalam Blender 2,63.
- Fitur
Blender memiliki ukuran instalasi yang relatif kecil, sekitar
70 megabyte untuk membangun dan 115 megabyte untuk rilis resmi. Versi
resmi dari perangkat lunak yang dirilis untuk Linux , Mac OS X , Microsoft Windows ,
dan FreeBSD . Meskipun
sering didistribusikan tanpa adegan contoh yang luas ditemukan di beberapa
program lain, perangkat lunak berisi fitur yang merupakan ciri khas tinggi
.-end 3D software Di antara kemampuan perusahaan adalah:
- Dukungan untuk berbagai primitif geometris, termasuk polygon , cepat pembagian permukaan pemodelan, Bezier Curves , permukaan NURBS , metaballs , mematung digital , garis huruf , dan sistem n-gon baru pemodelan yang disebut B-mesh.
- Render internal mesin dengan scanline ray tracing , pencahayaan tidak langsung, dan oklusi ambien yang dapat mengekspor dalam berbagai format.
- Eksperimental baru Cycles pathtracer mesin render.
- Integrasi dengan sejumlah mesin render eksternal melalui plugin.
- Keyframed animasi alat termasuk invers kinematika , angker (kerangka), hook, kurva dan kisi-berbasis deformasi, kunci bentuk ( morphing ), non-linear animasi, kendala, dan pembobotan vertex.
- Simulasi alat untuk dinamika tubuh lembut termasuk tabrakan mesh, LBM dinamika fluida, simulasi asap, dan Bullet dinamika benda tegar.
- Sebuah sistem partikel yang meliputi dukungan untuk partikel berbasis rambut.
- Pengubah untuk menerapkan efek non-destruktif.
- Python scripting untuk pembuatan alat dan prototyping, logika permainan, mengimpor dan / atau mengekspor dari format lain, otomatisasi tugas dan alat kustom.
- Dasar non-linear video / editing audio.
- Permainan Blender , sub-proyek, menawarkan fitur interaktivitas seperti deteksi tabrakan, mesin dinamika, dan programmable logic. Hal ini juga memungkinkan penciptaan berdiri sendiri, real-time aplikasi mulai dari visualisasi arsitektur untuk pembangunan video game.
- Sebuah compositor simpul berbasis sepenuhnya terintegrasi dalam pipa rendering.
- Prosedural dan simpul berbasis tekstur, serta lukisan tekstur, lukisan proyektif, lukisan vertex, dan lukisan berat badan.
- Realtime kontrol selama simulasi fisika dan rendering.
- Kamera dan objek pelacakan .
- Interface
Antarmuka pengguna Blender mengalami update yang signifikan
selama seri 2.5x
Blender telah memiliki reputasi sebagai sulit untuk belajar
bagi pengguna terbiasa dengan software grafis 3D lainnya. Hampir setiap
fungsi memiliki cara pintas keyboard langsung dan bisa ada cara pintas yang
berbeda per tombol. Sejak Blender menjadi perangkat lunak
bebas, telah ada upaya yang komprehensif untuk menambahkan menu kontekstual serta
membuat penggunaan alat yang lebih logis dan efisien. Ada juga telah upaya
untuk secara visual meningkatkan antarmuka pengguna ,
dengan pengenalan tema warna, widget mengambang transparan, gambaran objek
pohon baru dan lebih baik, dan perbaikan kecil lainnya (seperti widget color
picker). Antarmuka pengguna Blender menggabungkan konsep-konsep berikut:
- Mengedit mode
Dua mode utama kerja adalah Obyek Mode dan Edit
Mode, yang toggled dengan tombol Tab. Modus
objek digunakan untuk memanipulasi objek individu sebagai satu unit, sementara
Sunting modus digunakan untuk memanipulasi data objek yang sebenarnya.Misalnya,
Mode Obyek dapat digunakan untuk bergerak, skala, dan memutar polygon
keseluruhan, dan Sunting Modus dapat digunakan untuk memanipulasi simpul
individu mesh tunggal. Ada juga modus lain beberapa, seperti Paint Vertex,
Cat Berat, dan Mode Sculpt. Rilis 2,45 juga memiliki Mode Pemetaan UV,
tapi digabung dengan Edit Mode di 2,46 Release Candidate
- Hotkey pemanfaatan
Sebagian besar perintah dapat diakses melalui hotkeys. Sampai
2.x dan terutama versi 2.3x, ini sebenarnya satu-satunya cara untuk memberikan
perintah, dan ini adalah sebagian besar bertanggung jawab untuk menciptakan
reputasi Blender sebagai sebuah program yang sulit-untuk-belajar. Versi
baru memiliki lebih komprehensif GUI menu.
- Numeric masukan
Tombol angka dapat "diseret" untuk mengubah nilai
mereka secara langsung tanpa perlu untuk tujuan di sebuah widget tertentu,
sehingga menghemat layar real estat dan waktu. Kedua slider dan tombol
angka dapat dibatasi untuk ukuran berbagai langkah dengan pengubah seperti Ctrl dan tombol Shift. Python ekspresi
juga dapat mengetik langsung ke kolom entri nomor, memungkinkan ekspresi
matematika yang akan digunakan untuk menentukan nilai.
- Workspace manajemen
GUI Blender terdiri dari satu atau lebih layar, masing-masing
dapat dibagi menjadi beberapa bagian dan subbagian yang dapat dari setiap jenis
pandangan Blender atau jendela-jenis. Sendiri setiap jendela-jenis GUI
elemen dapat dikontrol dengan alat yang sama yang memanipulasi tampilan 3D. Sebagai
contoh, seseorang dapat memperbesar dan keluar dari GUI-tombol dengan cara yang
sama yang memperbesar dan keluar di viewport 3D. Viewport GUI dan tata
letak layar sepenuhnya pengguna-disesuaikan. Hal ini dimungkinkan untuk
mengatur antarmuka untuk tugas-tugas tertentu seperti editing video atau pemetaan UV atau
texturing dengan menyembunyikan fitur yang tidak digunakan untuk tugas
tersebut. User interface mendukung beberapa monitor.
- Persyaratan Hardware
- Format file
Blender fitur sistem file internal yang memungkinkan seseorang
untuk berkemas beberapa adegan ke dalam satu file (disebut "campuran." File).
Semua itu Blender "campuran." File maju, mundur, dan
lintas-platform yang kompatibel dengan versi lain dari Blender, dengan
pengecualian animasi memuat disimpan dalam pasca-2.5 file dalam Blender pra-2.5
(ini karena subsistem animasi ulang diperkenalkan di Blender 2,5 menjadi
inheren tidak kompatibel dengan versi lama)
Snapshot ". Campuran" file dapat otomatis disimpan
secara periodik oleh program, sehingga lebih mudah untuk bertahan crash
program.
Semua adegan, benda, bahan, tekstur, suara, gambar,
pasca-produksi efek untuk seluruh animasi dapat disimpan dalam satu file
". Campuran". Data diambil dari sumber-sumber eksternal, seperti
gambar dan suara, juga dapat disimpan secara eksternal dan direferensikan baik
melalui nama path absolut atau relatif. Demikian juga,
"campuran." File sendiri juga dapat digunakan sebagai perpustakaan
aset Blender.
Antarmuka konfigurasi yang disimpan dalam file
"campuran.", Sehingga apa yang Anda simpan adalah apa yang Anda
dapatkan pada beban. File ini dapat disimpan sebagai "default
pengguna" jadi ini konfigurasi layar, serta semua benda yang tersimpan di
dalamnya, digunakan setiap kali Anda memuat Blender
Penggunaan dalam dunia Industri
1. Elephants Dream
2. Big Bug Bunny
3. Sintel
Referensi klik disini
0 komentar:
Posting Komentar