Selasa, 25 September 2012

Membuat Bendera dengan Software Blender

Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan cara-cara membuat animasi bendera berkibar dengan menggunakan blender.
1.     Pada mulanya, terdapat kubus pada lembar kerja blender, sebaiknya kubus tersebut dihapuskan, dengan cara select kubus à tekan X à pilih delete



2.    Lalu buat objek baru dengan cara Shift+A à Mesh à Plane, lalu tekan ke atas ke arah sumbu Z.



3.    Kemudian rotasi kepada sumbu Y 90 derajat. Dengan cara tekan R untuk Rotasi à Y untuk sumbu Y à tekan pada numpad angka 90 untuk 90 derajat.


4.    Kemudian scale kembali  terhadap sumbu y, dengan cara tekan S untuk scale à Y untuk sumbu Y (perikirakan panjang dan lebarnya, agar menyerupai bendera).


5.    Tambahkan segmen pada bendera dengan cara  tekan TAB untuk masuk ke edit mode à tekan R untuk menambahkan R, tambahkan edge secara horizontal dan vertikal dengan cara scrool mouse anda. Dan sesuaikan agar masing-masing kolom dan baris jumlahnya sama.



6.    Langkah selanjutnya tekan A untuk deselect à Tekan B untuk Box Selection pada ujung Kiri atas, tengah, dan bawah vertex. Masuk ke tab Object data à Vertex Grup à tekan tanda + à isi namanya dengan simpul à enter à klik Assign, artinya vertex yang tadi diseleksi sudah di cocokan dengan nama vertex grup yang telah dibuat.




7.    Ganti nama object, masuk ke tab object à Ganti nama Plane menjadi Bendera à enter



8.    Langkah selanjutnya  memberikan material terhadap object, dengan cara ganti seleksi face (Ctrl+tab) . Seleksi bagian atas dengan cara tekan B, pastikan viewnya tepat. Anda bisa gunakan numpad angka 3 à Masuk ke tab Material à tekan tanda + à Pilih new material à ganti nama material menjadi merah à pada bagian diffuse color pilih warna merah. Untuk mengurangi efek kilap, bisa dikurangi intensitas pada diffuse à klik assign artinya teraplikasi pada face yang diseleksi.


9.    Kemudian untuk memberi warna putih pada bagian bawah, tekan B à new material à ganti nama material menjadi putih à pada bagian diffuse colour pilih warna putih. Untuk mengurangi efek kilap bisa dikurangi intensitas pada diffuse à klik assign artinya teraplikasi pada face yang diseleksi.


10. kain bendera telah jadi


Sekarang kita akan memberikan efek angin, agar bendera terlihat berkibar. Caranya :

11.  Non aktifkan object, ganti edit mode menjadi object mode , tekan tab à A untuk menonaktikan bendera. Buat objek baru, tekan Shift+A à Force field à Wind
12. Kemudian rotate searah sumbu X, tekan R à X à -90 derajat. Pastikan objek angin dekat dan searah dengan bendera. Masuk tab Pyhsic ubah strengh menjadi 300 dan ubah noice menjadi 10.

13. Beri efek cloth pada kain dengan cara select bendera à tab pyhsic à cloth à beri tanda checklist pada pinning à pada kolom di bawah pinning isikan menjadi simpul à pada bagian cloth collision  beri tanda checklist pada self collision agar tidak ada kain yang tembus. Besar angin bisa juga diperbesar sesuai dengan keinginan, begitu pula dengan kekuatan angin pada strengh.

14. aktifkan objek bendera dengan cara seleksi bendera, kemudian tekan T untuk tools dan pilih smooth untuk shading, sehingga saat dijalankan tidak ada lagi face yang terlihat.


Sekarang, kita akan membuat objek baru. Ya, tiang penyangga. Caranya adalah :

15. Buat objek baru dengan menekan Shift+A à Mash à Silinder à Scale hingga kecil menyerupai bentuk tiang. Kemudain scale untuk sumbu Z, agat tiang dapat memanjang mengikuti sumbu Z.



16. Aktifkan objek bendera à Masuk tab physic à pada bagian cloth cache klik bake sejauh frame 1 sampai dengan frame 250.


17. Langkah akhir masuk ke tab Modify à subdivision surface à tambah jumlah view sampai 2, jangan terlalu besar karna akan memperberat proses rendering.  Lihat pada tampilan kamera, dengan cara menekan angka 0 pada numpad, dan atur view yang bagus. Lalu langkah akhir, adalah proses  Rendering dengan menekan F12.


 Referensi klik disini

3 komentar:

Made Goldy mengatakan...

sip (y) bang makasih

Pengembala Kambing mengatakan...

gak bakat di blender saya

Unknown mengatakan...

bendera saya kok ndak nyangkut ditiangnya bang?

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 Muhajir Ibnu Sabil. All rights reserved.