1.
Sebutkan
algoritma untuk menggambar garis!
Dalam
pembuatan garis, dibutuhkan algoritma agar garis tersebut bisa terbentuk.
Algotima pembuatan garis yang umum digunakan diantaranya:
a. Algortima
DDA (Digital Defferential Analyzer)
b. Algortima
Bresenham
c. Algortima
Midpoint
2.
Berikan
satu (1) algoritma untuk menggambar garis!
Salah
satu contoh bentuk algoritma untuk membuat garis, kami akan menggunakan
algotima Bresenham. Cara menentukan garis dengan menggunakan algoritma
Bresenham adalah sebagai berikut:
a.
Tentukan koordinat awal garis (x0,y0)
b.
Tentukan koordinat akhir garis (x1,y1)
c.
Hitung jarak mendatar ke 2 titik (dx), Dx=x1-x0
d.
Hitung jarak mendatar ke 2 titik (dx), Dy=y1-y0
e.
Tentukan faktor pembagi (mencari yg lebih
panjang)
f.
Apakah dx>dy,bila ya
- Step=dx
Bila tidak
Step=dy
- Step=dx
Bila tidak
Step=dy
g.
Hitung
faktor penambah ke koordinat mendatar dan vertikal titik berikut
(x_tambah,y_tambah)
X_tambah=dx/step
Y_tambah=dy/step
X_tambah=dx/step
Y_tambah=dy/step
h.
Buat loop mulai titik ke 1 sampai titik ke step
For k=1 to step
For k=1 to step
i.
Hitung
koodinat titik berikutnya
X=x+x_tambah
Y=y+y_tambah
X=x+x_tambah
Y=y+y_tambah
j.
gambar
pikxel pada koordinat (x,y)
Catatan : koordinat x,y harus bulat (integer), sehingga hasil dari perhitungan diatas harus diinteger-kan
Catatan : koordinat x,y harus bulat (integer), sehingga hasil dari perhitungan diatas harus diinteger-kan
k.
Ulangi
langkah ke 7, dan seterusnya sampai titik ke step
3.
Yang harus diperhatikan dalam
menggambar garis:
Ø Ketebalan garis (thickness) dan
Ø Bentuk tepi garis (ends): Butt,
Round, dan Square.
4.
Penggabungan
garis (Joining): Ugly, Bevel, Round, Miter.
a.
Bevel :
Membentuk sudut siku
b.
Round :
Membentuk sudut bulat atau tumpul
c.
Milter :
Membentuk sudut lancip
5.
Berikan contoh:
a. Satu
gambar objek.
b. Hasil transformasi objek tersebut yang
ditransformasikan dengan Scale, Rotate, Shear, Flip, Translate, dan Rotasi
Rotate = rotasi. Operasi rotasi pada sumbu x
sebesar 90 derajat
Scale objak 2 kali.
Operasi translasi/ pergeseran
sebanyak 2 satuan terhadap sumbu x.
Operasi flip.
Shear
6. Apakah perbedaan antara Linear
Transformation dan Non-Linear Transformation?
Perbedaan transformasi linear dan non linear
Perbedaanya
adalah: Model linier menunjukkan hubungan antara dua variabel yang mengikuti
garis lurus, sedangkan model non linier mengikuti garis yang tidak lurus
7. Berikan
contoh Linear Transformation dan Non-Linear Transformation dari Operasi-Operasi
Primitive transformation!
Contoh Transformasi
linier.
Carilah
matriks baku (A) untuk tranformasi
T: R3àR2 yang didefinisikan oleh
T(x) = (x1+x2, x2+x3),
untuk setiap x = (x1, x2, x3) dalam Rn
T: R3 à R2
Basis baku dari R3
adalah:
– e1 = (1,
0, 0) à T(e1) = (1 + 0, 0 + 0) = (1,
0)
– e2 = (0,
1, 0) à T(e2) = (0 + 1, 1 + 0) = (1,
1)
– e2 = (0,
0, 1) à T(e3) = (0 + 0, 0 + 1) = (0,
1)
8. Apakah
perbedaan antara Geometric Transformation dan Color Space Transformation?
Perbedaan
antara transfromasi geometri dengan transfromasi ruang warna adalah: Untuk
transformasi geometri adalah bagian dari geometri yang membahas tentang
perubahan (letak, bentuk, penyajian) yang didasarkan pada gambar dan matriks,
sedangkan transformasi ruang warna diperlukan untuk melakukan perubahan dari
suatu ruang warna menjadi suatu ruang warna yang berbeda.
9. Apakah
yang dimaksud dengan Koordinat Homogen (Homogeneous Coordiantes)?
Koordinat Homogen à Sistem koordinat homogen adalah sistim
koordinat yang mempunyai satu dimensi lebih tinggi dari Sistem koordinat yang
ditinjau. Digunakan untuk menyatakan semua proses trasformasi dengan perkalian
matriks termasuk penggeseran.
10.
Berikan penjelasan mengenai Proyeksi
Orthographic?
Proyeksi Orthographic diperoleh
apabila sinar proyeksi tegak lurus dengan bidang proyeksi. Proyeksi orthographic
sering digunakan untuk menghasilkan tampak depan, tampak belakang, tampak
samping dan tampak atas dari sebuah. enda atau disebut sebagai Multiview
orthographic. Tampak atas, tampak belakang dan tampak dari samping sebuah
benda sering disebut sebagai elevation. Sedangkan tampak
dari atas disebut sebagai plan view.
11.
Berikan penjelasan mengenai Proyeksi
Perspective?
Proyeksi perspektif memberikan
sudut pandang yang lebih realistis dibandingkan proyeksi orthographic. Proyeksi
perspektif pada kenyataannya jarak benda terhadap kita akan mempengaruhi
bagaimana benda tersebut terlihat. Benda yang terlihat jauh akan kelihatan
kecil sedangkan benda yang dekat akan terlihat lebih besar. Efek ini disebut
sebagai shortening. Pada perspektif semua garis menghilang
pada satu atau lebih titik yang sama atau disebut titik hilang (vanishing
point).
12.
Berikan contoh gambar dua proyeksi tersebut!
Proyeksi perspektif
(PERSPEKTIF SUDUT) (2 titik)
PERSPEKTIF MIRING (3 titik) )
Proyeksi Orthographic
CARA MENGGAMBAR PROYEKSI KUADRAN I (eropa)
CARA MENGGAMBAR PROYEKSI KUADRAN
II (amerika)
11. https://docs.google.com/viewer?a=v&pid=gmail&attid=0.1&thid=13deef372cb03d36&mt=application/vnd.openxmlformats-officedocument.wordprocessingml.document&url=https://mail.google.com/mail/?ui%3D2%26ik%3D3ea85ad837%26view%3Datt%26th%3D13deef372cb03d36%26attid%3D0.1%26disp%3Dsafe%26realattid%3Df_hfb3imxj0%26zw&sig=AHIEtbRMrydm0mwngSou3Ruil8i9GmILEA
TABEL
KINERJA
NPM
|
NAMA
|
Kinerja
|
51410729
|
DEBY
CANDRAKIRANA
|
Mengerjakan secara berkelompok,
dengan cara mencari di internet refrensi untuk menjawab pertanyaan, dan
sebagian ada dijawab bersama-sama.
|
54410546
|
MUHAJIR IBNU SABIL |
Mengerjakan
secara berkelompok, dengan cara mencari di internet refrensi untuk menjawab
pertanyaan, dan sebagian ada dijawab bersama-sama.
|
56410693
|
STEVEN |
Mengerjakan
secara berkelompok, dengan cara mencari di internet refrensi untuk menjawab
pertanyaan, dan sebagian ada dijawab bersama-sama.
|
0 komentar:
Posting Komentar